Teknik Mekatronika

Teknologi yang menggabungkan tentang mesin elektronika dan informatika. Lulusan mampu merancang, mengoperasikan dan memelihara sistem mesin yang dikendalikan secara elektronik berbasis sentral elektronik yang diprogram menggunakan bantuan PLC dan komputer. Selain itu mampu mengoperasikan mesin industri berbasis Otomation Machine, mampu mengoperasikan dan merawat mesin industri berbasis Peunematic Hydrolic dan lain-lain.

Dalam kompetensi keahlian Teknik Mekatronika terdapat 6 Dasar Kompetensi Keahlian (DKK) dan 16 Standar Kompetensi Kejuruan (KK). Dari sejumlah DKK dan KK tersebut dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu: Dasar Elektronika, Dasar Sistem Kontrol, Pneumatik & Hidrolik, Dasar Teknik mesin, serta dasar pemesinan.

Kompetensi keahlian ini merupakan kompetensi keahlian yang akan terus senantiasa berkembang karena perkembangan ilmu pengetahuan dibidang teknik mekatronika atau bidang lain yang menunjang kompetensi keahlian ini berkembang dengan sangat pesat. Apalagi dengan pesatnya perkembangan dunia industri yang semakin high technology dan automation based technology sehingga membuka peluang besar bagi para peserta didik yang mengambil kompetensi keahlian Teknik Mekatronik