Tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar dan terbaik, merupakan tujuan warga sekolah SMK Negeri 56 Jakarta.Sejarah pengabdian SMK Negeri 56 yang mulai didirikan pada tahun 1984 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 2 Juli 1985. oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, berkat kerja sama antara Pemerintah,Industri dan MasayarakatGedung sekolah ini meru pakan sumbangan dari PT. ASAHIMAS FLAT GLASS CO.LTD.
Awal dari proses berdirinya gedung SMK Negeri 56 dahulu STM 12 ini bersumber dari anjuran Bapak Direktur Jenderal Industri Kimia Dasar yang saat itu dijabat oleh Bapak Ir. Hartono yang kemudian diangkat menjadi Mentri Per industrian agar perusahaan-perusahaan industri mendirikan sekolah-sekolah magang yang dapat menghasilkan tenaga-tenaga lulusan yang siap pakai,yang diutamakan untuk di serap oleh industri yang bersangkutan.
Untuk memenuhi maksud luhur Bapak Dirjen Industri Kimia Dasar,dilandasi dengan keinginan untuk ikut berperan serta dalam usaha mencerdaskan bangsa dan dengan memperhatikan kemampuan keuangan perusahaan saat itu, PT. ASAHIMAS FLAT GLASS CO.LTD memutuskan untuk memberikan sumbangan berupa gedung sekolah teknik dengan dana sebesar Rp. 1,9 milyar.
Pada awal pertumbuhannya SMK Negeri 56 Jakarta memiliki 5 rumpun yaitu Rumpun TPL, Rumpun Automotive,Rumpun Listrik, Rumpun Elektronika dan Rumpun Bangunan. Selama kurun waktu 21 tahun pengabdiannya, kini telah berkembangmenjadi 6 rumpun dengan 36 kelas dengan 6 program keahlian, yaitu :

  1. Program Keahlian Pemesinan
  2. Program Keahlian Kendaraan Ringan (Otomotif)
  3. Program KeahlianI nstalasi Tenaga Listrik
  4. Program Keahlian Gambar Bangunan
  5. Program Keahlian Multi Media
  6. Program Keahlian Mekatronika

Jumlah siswa untuk ke 6 program tersebut pada tahun pelajaran 2006/2007 sejumlah 1104 Peserta didik. Selain membuka 6 program keahlian,SMK Negeri 56 Jakarta sedang direncanakan mengembangkan program-program kegiatannya secara bertahap antara lain membuka ;
Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK)

  • ICT Center
  • Engglish Training & Test Center (ETTC)
  • Unit Produksi dan Jasa (Projas)
  • Koperasi Siswa (KOPSIS)
  • Koperasi Guru dan Karyawan
  • Asuransi Syariah Sekolah
  • Pusat Pelayanan Sosial dan Pembinaan Mental Spiritual dan Sosial (PPMS)
  • Klinik Psykologi
  • Dan lain-lain.

Program-program studi dilingkungan SMK Negeri 56 Jakarta ternyata mendapat sambutan yang sangat positif dari dunia usaha dan industri, pemerintah daerah dan masyarakat.Hal ini terbukti dengan tersebarnya alumni SMK Negeri 56 Jakarta diberbagai sektor kegiatan bisnis dan makin meningkatnya jumlah siswa baru yang mempercayakan masa depannya melalui pendidikan dan pelatihan di SMK Negeri 56 Jakarta.

VISI dan MISI SMK NEGERI 56 JAKARTA
Visi SMK Negeri 56  Jakarta :
Menjadikan  SMK  Negeri  56  Jakarta  sebagai  lembaga  Pendidikan  dan Pelatihan  ( Diklat),  yang Profesional  dan Mandiri, berstandar Nasional bertaraf Internasional dalam mewujudkan TAMATAN yang COMPETENCE, CONSCIENCE, COMPASSION.
Misi SMK Negeri 56 Jakarta :
Melalui Keterbukaan,  Kemitraan  dan  pelayanan  prima,  SMK  Negeri 56  Jakarta  mengembangkan, menerapkan dan menghasilkan TAMATAN sesuai harapan STAKEHOLDERS yang memiliki :
1.    KEIMANAN DAN KETAQWAAN
2.    KEUNGGULAN, KETRAMPILAN, KETELITIAN DAN KREATIFITAS
3.    KEDISIPLINAN KEJUJURAN
4.    KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA DAN LINGKUNGAN
5.    COMPETENCE, CONSCIENCE dan COMPASSION.